nike-jordanshoes.com

Informasi terupdate untuk berita permainan game online terpercaya

Waspada Komponen PC Rusak, Ini 6 Tanda-Tanda Harus Diperhatikan! Slot


Waspada komponen PC rusak – Komputer atau PC adalah perangkat yang tidak bisa absen dari kehidupan modern. Baik pekerjaan maupun hiburan seperti game semuanya serba mengandalkan komputer PC.

Apalagi di era digital dan terkoneksi via internet seperti sekarang, segalanya membutuhkan kinerja pemrosesan komputer. Ambil saja contoh ATM dan kasir di minimarket, semuanya menggunakan komputer untuk bisa berfungsi.

Namun, pernahkah kalian merasa kalau komputer milik kalian terasa janggal? Seperti salah satu komponen sudah mendekati masa ajalnya. Misalnya belakangan ini PC kalian mulai terasa lemot, sering blue screen, atau bahkan mati sendiri. Bisa saja itu adalah pertanda kalau komputer PC kalian menunjukkan tanda-tanda mau rusak.

Karena banyaknya komponen dalam PC, tentu bingung menentukan bagian mana yang menunjukkan tanda-tanda rusak. Maka dari itu, perlu kita kenali terlebih dahulu apa gejala PC yang sudah mendekati ajalnya.

Berita baiknya, karena PC adalah sistem yang modular, bisa dipastikan yang rusak hanyalah salah satu komponen saja dan tidak perlu mengganti semuanya sekaligus. 

Ciri-ciri Komponen PC Rusak, Tangani Sebelum Terjadi Hal Tidak Diinginkan!

Komponen PC Rusak
Apa tanda komponen PC rusak?

Berikut adalah beberapa pertanda salah satu komponen akan rusak dalam waktu dekat:

1. Bunyi Ledakan Kecil Ketika Menyalakan PC dan Mengeluarkan Bau Terbakar

Image 7 1
Tanda PSU rusak

Kalau kalian sudah mengalami hal seperti ini, bisa jadi disebabkan oleh PSU terbakar. Apalagi kalau bau terbakarnya datang dari arah PSU, maka sudah bisa dipastikan PSU kalian sudah dijemput malaikat maut.

Jangan mencoba untuk menghidupkan kembali PC dengan kondisi seperti ini dan pastikan untuk bawa ke ruangan terbuka atau langsung saja bawa ke teknisi yang lebih berpengalaman. Kalau dirasa memang sudah ajalnya, pastikan PSU yang kalian beri berikutnya punya kualitas bagus dan masa garansi yang panjang.

2. PC Tidak Mau Booting dan Layar Mati

Fortnite 4077483 1920 3
Pc tidak nyala

Sulit untuk menentukan komponen rusak dari diagnosis seperti ini. Namun, pengalaman penulis selama ini, biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh RAM yang faulty atau rusak. Kalau kalian menggunakan dua keping RAM, coba kalian lakukan boot hanya dengan satu keping saja.

Bila salah satunya menyebabkan PC mau boot dan nyala, maka sudah saatnya kalian klaim garansi RAM dari tempat kalian membelinya.

3. Layar Berubah Warna Pink

Bbevmjngrqr11
Layar pink

Biasanya ini disebabkan oleh kabel koneksi ke monitor yang alami kerusakan atau bisa saja driver yang rusak. Namun, jika kalian sudah melakukan DDU untuk instal ulang driver dan masih sama saja, besar kemungkinan kabel display yang alami kerusakan.

4. Layar Glitch

Bff6879a4c7b4dafd32cb04fda91f2fe0ba532f9
Artifact

Kalau tanda-tanda komponen PC rusak yang satu ini mungkin agak menyeramkan. Pasalnya kalau layar kalian alami glitch ini bisa jadi pertanda kalau GPU kalian sedang alami artifact. Fenomena bernama artifact ini bisa jadi sebagai isyarat kalau VGA kalian tidak lama lagi umurnya.

Biasanya ini terjadi karena keseringan overclock atau kartu grafis kalian sering alami kepanasan dalam jangka waktu lama. Kalau masih dalam masa garansi, sebaiknya dicoba untuk klaim karena sudah bisa dipastikan nyawanya di ujung tanduk.

5. PC Tidak Mau Boot ke Windows

komponen pc rusak
Boot malah ke BIOS

Bila kalian menyalakan PC dan alih-alih masuk ke OS malah pindah ke BIOS, besar kemungkinan boot drive kalian tidak terdeteksi. Penyebabnya ada banyak, mulai dari konektor yang longgar atau bahkan drive tersebut faulty alias rusak.

Coba kalian cabut drive tersebut lalu pasang kembali untuk memastikan bukan karena longgar. Kalau kalian punya enclosure drive ke USB, coba koneksikan drive tersebut ke perangkat PC lain. Jika memang tidak terdeteksi, berarti drive tersebut benar sudah koit.

6. Settingan BIOS Balik ke Pengaturan Awal Setiap Boot

Image 7 2
Batre CMOS habis daya

Untuk tanda yang satu ini mungkin tidak semenakutkan sebelumnya. Karena biasanya ini disebabkan oleh baterai CMOS di motherboard PC yang sudah habis daya. Cara mengakalinya pun gampang karena tinggal di ganti ke baterai baru saja seharusnya masalah sudah kelar.

Jadi itulah kira-kira beberapa pertanda komponen PC rusak yang sering dialami oleh pengguna. Apakah kalian pernah mengalami hal serupa? Apa solusi yang kalian ambil ketika itu? Coba beri pendapat kalian soal ini ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].

Waspada Komponen PC Rusak, Ini 6 Tanda-Tanda Harus Diperhatikan! Slot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas