nike-jordanshoes.com

Informasi terupdate untuk berita permainan game online terpercaya

Standar Minimal Spek HP Gaming 2024, Pakai Chipset Apa? Slot


Spek HP Gaming 2024 – Standar PC gaming setiap tahun semakin meningkat. Hal yang sama juga berlaku untuk mobile gaming. Perkembangan grafis game mobile meningkat pesat belakangan ini diimbangi dengan kenaikan spesifikasi smartphone yang semakin ganas.

Seiring itu pula developer lebih berani untuk merilis game dengan kualitas grafis yang ajib tanpa perlu merasa kalau perangkat yang digunakan tidak mampu menjalankan game tersebut. Spec bump yang naik secara pesat ini pula yang menjadikan gamer mau tidak mau harus mengganti smartphone mereka dalam kurun 2-3 tahun.

Mulai dari alasan game yang dimainkan sudah tidak lagi nyaman berjalan di spesifikasi smartphone, hingga karena alasan smartphone yang sudah mulai rusak digeber main game berjam-jam perhari. Gamer tentu butuh gawai baru yang nyaman digunakan untuk bermain game.

Standar Minimal Spek HP Gaming 2024, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Spek HP Gaming 2024
Apa standar minimal sebuah HP gaming saat ini?

Sesuai penjelasan di atas, sebenarnya apa standar minimal spek HP gaming Android yang cocok kalian beli di tahun 2024? Sebenarnya tidak ada jawaban gampang untuk pertanyaan ini. Semuanya bergantung pada game seperti apa yang akan kalian mainkan.

Jika kalian adalah pemain game berat seperti Genshin Impact, otomatis kalian membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dibanding mereka yang hanya main game e-sport seperti Mobile Legends. Namun kalau kalian membutuhkan sebuah standar, maka artikel ini akan mencoba menjawabnya seobjektif mungkin.

1. Chipset HP Gaming Android

Tingkatan Snapdragon Terbaru 1280x720 1
Pakai chipset apa?

Pertama tentu kita mulai dari yang paling ramai jadi topik pembahasan spesifikasi smartphone gaming yaitu, chipset. Jujur ini adalah bagian yang paling rumit diantara semua spek HP gaming yang perlu kita pilih.

Memang kita tinggal memilih apapun chipset tercanggih keluaran tahun ini dan masalah pun selesai. Tapi, itu kalau kalian tidak punya masalah dengan budget membeli smartphone. Kalau kalian punya batasan berapa biaya yang sanggup kalian curahkan untuk smartphone dan tanpa banyak mengorbankan performa, maka pembicaraan ini akan sedikit lebih sulit.

Untuk bisa memainkan game berat secara nyaman di tahun ini hingga beberapa tahun terakhir, mungkin pilihan chipset dengan kemampuan sekelas Snapdragon 782g adalah rekomendasi terbaik saat ini. Apapun yang diatas chipset ini sudah lebih dari layak memainkan game.

2. RAM

Dynamic Ram Expansion 3.0
RAM kapasitas berapa?

Belakangan ini banyak smartphone gaming dengan pilihan RAM diatas 10GB. Berbagai smartphone flagship menghadirkan RAM berukuran 12GB hingga 16GB. Sebenarnya seberapa besar pengaruh kapasitas RAM terhadap performa game?

Jujur saja, sebenarnya tidak terlalu banyak. Smartphone dengan RAM 8GB saja sudah sangat mumpuni untuk memainkan game sekelas Genshin Impact sekalipun. Pilihan RAM diatas itu lebih diperuntukkan kalau kalian adalah power user dengan intensitas penggunaan smartphone tinggi dan juga sering multitasking.

Asal jangan tertipu oleh extended RAM atau apapun gimmick marketing karena memang tidak ngefek sama sekali.

3. Storage Minimal

8jyob5grpmgj2sja2mszhc 1200 80
Storage minimal berapa?

Belakangan ini ukuran game mobile sudah bisa dikatakan masif. Terlebih kita berbicara soal game open-world sekelas Genshin Impact dengan ukuran game mencapai 30GB lebih. Otomatis spesifikasi minimal storage juga harus ikut naik.

Kalau 2-3 tahun lalu kita sudah bisa puas dengan kapasitas 128GB, untuk 3-4 tahun kedepan mungkin kita butuh minimal kapasitas 256GB untuk bisa dikatakan sebagai HP gaming.

4. Layar

Oneplus 7 Pro Review India With Pros And Cons 25
Berapa Hz layar yang baik untuk HP saat ini?

Layar smartphone mungkin tidak sebegitu pentingnya dibanding spesifikasi lain dalam list ini. Yang populer belakangan ini adalah hadirnya layar dengan refresh rate tinggi di atas 60Hz. Fungsinya adalah membuat pergerakan dalam game lebih mulus namun tetap bergantung pada apakah game tersebut mendukung pilihan high refresh rate atau tidak.

Standar ini cukup simpel. Dikarenakan smartphone dengan layar 120Hz sudah banyak yang punya harga terjangkau, maka bisa dipastikan 120Hz adalah pilihan yang tepat dan tidak menguras kantong.

5. Baterai dan Kecepatan Pengecasan

02acufe0dmz2kcg1pvt6vdb 11
Fast charging

Teknologi baterai tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan smartphone baik gaming maupun non-gaming masih menggunakan kapasitas baterai 5000mAh. Angka tersebut adalah golden ratio dari segi kapasitas dan ukuran.

Yang banyak berubah dari beberapa tahun terakhir adalah kecepatan pengecasan. Tahun-tahun ini sudah tidak aneh melihat smartphone dengan kecepatan pengecasan 45 Watt atau 67 Watt.

Tidak sedikit juga smartphone dengan kecepatan pengecasan mencapai 100 Watt keatas.Namun, standar minimal spek HP gaming untuk tahun 2024 setidaknya 45 Watt sudah lebih dari cukup. Di atas itu sudah merupakan poin plus.

Jadi itulah kira-kira standar minimal spek HP gaming tahun ini. Walau penggunaan tiap gamer berbeda-beda, pilihan spesifikasi diatas sudah bisa jadikan pengalaman bermain game kalian lebih nyaman.

Kira-kira apa spesifikasi HP gaming yang ideal bagi kalian di tahun ini? Semoga kalian mempunyai rezeki berlebih untuk meminang HP gaming favorit kalian ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].

Standar Minimal Spek HP Gaming 2024, Pakai Chipset Apa? Slot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas